ABOUT BEM FIS UM 2018

KABINET JUANG
Kabinet Juang merupakan tema kabinet yang diusung pada kepemimpinan BEM FIS UM 2018. Nama Kabinet “Juang” berasal dari kata juang yang memiliki arti berjuang atau berusaha.

Kabinet Juang dipilih sebagai tema kabinet pada kepemimpinan tahun 2018 sebagai harapan serta semangat untuk memperjuangkan FIS di berbagai bidang baik akademik maupun non-akademik, serta mengharumkan nama Fakultas Ilmu Sosial di dalam maupun di luar Universitas Negeri Malang.

Filosofi “Juang” juga dipilih sebagai pengingat bahwa peran mahasiswa bukan sekadar pemikir, namun juga harus mau meluangkan waktunya untuk meperjuangkan idealismenya.

Dewasa kini banyak mahasiswa yang seolah-olah “dininabobokan” oleh tugas. Mereka tenggelam dalam euforia masa mudanya dan status mahasiswa hanya sebagai label saja. Lulus dengan predikat cum laude, lantas kebingungan mencari kerja ketika sudah lulus kelak. Sebelum idealisme itu digerus oleh realitas dunia kerja, maka organisasi BEM FIS UM sebagai wadah untuk merperjuangkan idealisme2 mereka.

Selain itu, dengan mengusung Kabinet Juang diharapkan mampu membakar semangat anggota BEM FIS UM 2018 khususnya dalam menjalankan amanah yang telah diemban dan menyampaikan aspirasi mahasiswa FIS untuk FIS yg lebih baik.

Semangat Juang dalam kabinet kamipun sejatinya mengusung semangat “Jihad”. Jihad yang bukan dikhususkan pada agama tertentu, melainkan jihad secara universal. Jihad untuk kemanusian, jihad untuk kesetaraan, jihad untuk toleransi, jihad untuk kreativitas, serta jihad untuk menjadi mahasiswa FIS UM yang lebih baik. Semangat itulah yang terus kami perjuangkan tanpa memisahkan diri dari dimensi2 transendental.

 

LOGO BEM FIS UMUntitled-2

BEM FIS UM resmi meluncurkan logo baru pada tahun 2018, hal ini sebagai bentuk inovasi baru yaitu pembaharuan logo yang sudah sempat dibuat pada tahun 2014. Logo ini dibuat agar nampak lebih modern dan memperlihatkan bahwa BEM FIS akan terus berkembang menyesuaikan dengan zaman. Logo ini tidak menghilangkan unsur-unsur penting yang sudah disepakati yaitu Lebah dan Bintang Merah.

Jika diperhatikan dengan seksama, di dalam logo baru BEM FIS tersebut merupakan gabungan dari tiga hal, yaitu perisai berwarna ungu, dua lebah yang menghadap ke kiri dan ke kanan, serta bintang merah.

  • Perisai atau tameng dikenal sebagai bagian senjata yang melambangkan perjuangan, pertahanan dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.
  • Ungu ialah warna khas dari Fakultas Ilmu Sosial.
  • Lebah berarti terus belajar (menghisap sari bunga), Gotong-Royong (dalam membuat sarang), dan Berkarya (menghasilkan madu).
  • Dua lebah melambangkan dialektika yang menerut Hegel berarti cara memecahkan masalah melalu dua elemen, yaitu Tesis (pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen) dan Anti Tesis (pernyataan yang bertentangan), yang nantinya dapat menemukan Sintesis (kesimpulan).
  • Bintang berwarna merahmemiliki makna keberanian, yaitu keberanian dalam mencapai tujuan Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia.
  • Tulisan BEM FIS UM menggunakan bentuk font Sans-serif yang memliki kesan modern
  • Lingkaran putih dengan garis luar berwarna biru sebagai batas logo melambangkan siklus belajar yang tidak pernah habis

Jika digabungkan, logo baru BEM FIS ini memiliki arti “BEM FIS adalah keluarga yang selalu belajar, berkarya, dan dalam memecahkan permasalahan selalu dilakukan secara dialektis dan gotong royong.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *