Merah Membara Rakyat Bandung: Peristiwa Bandung Lautan Api

bandung lautan api

 

 

Siapa yang tak kenal dengan peristiwa sejarah “Bandung Lautan Api” , peristiwa yang terjadi di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat dan dilatarbelakangi oleh sekutu yang menuntut masyarakat Bandung agar menyerahkan senjata dari hasil pelucutan Jepang kepada sekutu. Dimana sekutu mengeluarkan ultimatum yang berisi perintah agar kota Bandung bagian utara dikosongkan dari masyarakat Indonesia paling lambat 29 November 1945.

Pasukan Inggris mendarat di Bandung pada Oktober 1945. Kala itu para pejuang Bandung tengah gencar-gencarnya merebut senjata dan kekuasaan dari tangan Jepang. Saat itu, sekutu menuntutut seluruh senjata milik masyarakatkecualiTKR dan polisi untuk diserahan dengan alasan untuk keamanan rakyat. Orang-orang Belanda yang baru saja dibebaskan mulai mengganggu keamanan rakyat. Hal itulah yang membuat adanya bentrokan senjata pada Inggris serta TKR  Pada malam hari tanggal 21 November 1945, TKR melancarkan serangan pada keduduan inggris di wilayah Bandung bagian utara.  Menanggapi hal tersebut sekutu menyampaikan ultimatum kepada GubernurJawa Barat untuk segera mengosongkan Banung dari masyarakat Indonesia. Karena masyarakat Indonesia tidak menghiraukan ultimatum tersebut, maka pecahlah pertempuran di Bandungpada 6 Desember 1945.

Pada tanggal 23 Maret 1945 sekutu kembali mengulang ultimatumnya, memerintahkan TRI untuk mengosongkan Bandung bagian utara. TRI bagian pusat yakni terletak di Jakartamemerintahkan TRI Bandung untuk meninggalkan Bandung dengan alasan kemanan rakyat. Namun, TRI Yogyakarta berbeda pendapat. Mereka memginstruksikan TRI Bandung untuk bertahan. Keadaapun semakin genting, dan para pejuang Bandung atas dua instruksi pusat yang berbeda tersebut. Maka, padatanggal 24 Maret 1945 terjadi pembakaran besar-besaran di Bandung bagian utara yang dilakukan oleh pejuang Bandung. Mereka membumi hanguskan semuayang ada di Bandung bagian utara tanpa terkecuali sebelum meninggalkan Bandung.

Aksi ini merupakan bentuk respon dari ultimatum yang dikeluarkan oleh sekutu dan diikuti oleh kurang lebih 200.000 orang selama 7 jam.Keadaan Bandung yang dipenuhi dengan kobaran api bak lautan inilah yang membuat peristiwa ini dijuluki dengan sebutan Bandung Lautan Api.

 

Iis Setiani

Divisi Informasi dan Komunikasi

BEM FIS UM 2018