BERAWAL DARI TANTANGAN BERGUNA UNTUK KEHIDUPAN : Peringatan Hari Air

peringaan hari air

 

Berawal dari tantangan Ibu Ferryati Masitoh (dosen Mata Kuliah Kualitas Air) yang mengharapkan air tetap ada, tetap bersih, dan tetap bisa mendukung kehidupan, bertepatan pada World Water Day yang jatuh pada hari ini, Kamis (22/03/2018) Mahasiswa Prodi S1 Geografi UM angkatan 2016 berhasil menyelenggarakan acara Peringatan Hari Air dengan tema #SAVEWATER di Loby Gedung i1 FIS UM. World Water Day atau Hari Air Sedunia merupakan perayaan tahunan yang dilakukan untuk kembali menarik perhatian publik pada pentingnya air bersih dan penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Acara yang disiapkan dari pagi ini dikemas sangat apik khas Mahasiswa Geografi. Dengan sambutan dari Ibu Ferryati Masitoh acara ini resmi dibuka pada pukul 10.00 WIB, dalam sambutannyapun beliau (Ferryati Masitoh) mengungkapkan tentang harapannya supaya air tetap ada, tetap bersih, dan tetap bisa mendukung kehidupan kita.

Pameran miniatur siklus hidrologi yang dipajang di depan pintu masuk loby merupakan maskot utama dari acara ini, menurut Aatif (Geografi 2016) miniatur ini dibuat untuk menunjukkan bagaimana siklus air yang terjadi dimuka bumi ini. “sebenarnya miniatur ini dibuat karena terinspirasi oleh peta 3D Kontur Tanah karya prodi Pendidikan Geografi yang selanjutnya kami modifikasi menjadi miniatur siklus hidrologi” tambahnya.Selain itu untuk memperkenalkan kepada Jurusan lainnya yang ada di Fakultas Ilmu Sosial, mereka juga melakukan demo praktikum pengujian kualitas air seperti pengujian pH , daya hantar listrik ,dan kandungan Cl. Sehingga tidak hanya jurusan Geografi saja yang tahu bagaimana ciri-ciri air dengan kualitas baik namun jurusan lain pun dapat mengetahuinya.

Seperti peringatan hari-hari lainnya Peringatan Hari Air ini pun juga dilengkapi dengan aksi ikrar tanda tangan untuk mendukung aksi penghematan air untuk kehidupan #SaveWater. Seperti yang diungkapkan oleh Yulius (Ketua Pelaksana Peringatan Hari Air) bahwasanya kita harus menggunakan air sebagaimana mestinya karena air merupakan penopang kehidupan kita. “sehingga dengan adanya pameran ini bisa mengingatkan kita untuk menggunakan air sesuai dengan kebutuhan” tutupnya.

 

Nina Erza

Divisi Informasi dan Komunikasi

BEM FIS UM 2018

2 thoughts on “BERAWAL DARI TANTANGAN BERGUNA UNTUK KEHIDUPAN : Peringatan Hari Air

  • Pameran ini sangat bermanfaat karena disamping menggugah hati kita untuk sadar akan pentingnya air, kita juga dapat mengetahui pengujian kualitas air ditempat. Baguslah buat geografi

    • Terimakasih atas komentarnya, semoga kedepannya akan ada acara yang betmanfaat untuk semuanya lagi

Comments are closed.