FIS MENGAJI : TITIK AWAL SEBUAH PEMBIASAAN

Ada yang berbeda dari lobby gedung Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang, tepatnya pada Kamis (15/03/2018) kemarin,  karpet biru digelar memenuhi lobby bagian dalam gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial untuk acara FIS Mengaji. FIS Mengaji merupakan salah satu acara yang diadakan oleh  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (BEM FIS) yang bekerja sama dengan Bidang Kegiatan Terpadu Forum Kerohanian (BKT FK) yang bertujuan untuk membangun semangat jiwa Qur’ani pada seluruh warga Fakultas Ilmu Sosial, hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Liza Atin Nur Ainiyah.

Acara khataman Al-Quran ini merupakan acara perdana, yang direncanakan akan menjadi acara rutinan kedepannya. Menurut Ustad Najib Jauhari S. Pd, M. Hum yang juga merupakan dosen Jurusan Sejarah, dalam sambutannya mengungapkan keinginan agar acara FIS Mengaji bisa terus dilaksanakan. Beliau menambahkan bahwa tidak ada mahasiswa yang nilai akademisnya lemah karena rajin mengkaji Al-Quran, namun sebaliknya banyak mahasiswa yang nilai akademisnya bagus dan berprestasi dikarenakan sering mengkaji Al-Quran.

Acara FIS Mengaji ini dimulai pukul 17.00 WIB, sebelum acara dimulai suasana religius sudah terasa di lobby gedung FIS, yang mana panitia mengenakan dengan dresscodenya, mengenakan rok dan kerudung berwarna merah marun untuk panitia perempuan, dan  mengenakan sarung bagi panitia laki-laki. Pesertapun mulai berdatangan, dari sebelum acara dimulai hingga pembukaan acara. Dilihat dari banyaknya peserta yang hadir di acara FIS mengaji ini menunjukkan respon positif dan antusias yang tinggi dari mahasiswa FIS.

Panitia bertugas untuk membagikan Al-Qur’an pada setiap yang ikut dalam acara tersebut, yang mana pembagian dilakukan dengan memberikan Al-Quran per juz untuk dipergunakan saat acara berlangsung. Rangkaian acara FIS Mengaji tersebut antara lain yakni khataman Qur’an dan sholat maghrib berjamaah. Tak hanya dihadiri mahasiswa saja, acara FIS mengaji ini juga dihadiri oleh Dosen serta civitas Akademika FIS UM, pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa), dan beberapa mahasiswa dari luar FIS seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Quran Study Club (ASC) ikut berpartisipasi dalam acara FIS Mengaji. Ketika waktu menunjukkan pukul 17.00 WIB lantunan bacaan Al-Quran mulai terdengar di seluruh penjuru Fakultas Ilmu Sosial sampai waktu sholat maghrib tiba. Kemudian dilanjutkan dengan Sholat Maghrib berjamaah di lobby FIS dan diakhiri dengan doa bersama.

 

Dima Annisa

Divisi Penerbitan

BEM FIS UM 2018

Dokumentasi FIS MENGAJI

Dokumentasi FIS MENGAJI

Dokumentasi FIS MENGAJI

Dokumentasi FIS MENGAJI