Kemasan Menarik : LKMM-TD

Sambutan dari Ketua Pelaksana LKMM-TD FIS UM 2018

Sambutan dari Ketua Pelaksana LKMM-TD FIS UM 2018

Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar (LKKM-TD) merupakan acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas  Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (BEM FIS UM) yang diperuntukkan bagi perwakilan pengurus organisasi mahasiswa di FIS. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 7 Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Sabtu kemarin (10/03/2018).

LKKM-TD ini berlangsung cukup lancar, walau terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Kendala yang muncul karena faktor eksternal yang antara lain, pembukaan acara kegiatan sedikit molor dikarenakan bapak Wakil Dekan III FIS yang bertugas sebagai pembuka acara harus sedikit datang terlambat karena harus membuka di acara sebelah sehingga terjadi kemoloran dalam pembukaan acara. Namun sekali lagi keprofesionalitasan dari panitia penyelenggara dapat dilihat dengan cara memberikan sedikit perubahan pada susunan acara tersebut yang dikemas secara apik.

Kepemimpinan, Organisasi dan Time Management, Public Speaking dan Analisis SWOT merupakan materi yang diberikan guna menambah dan mengasah kemampuan kepemimpinan dari peserta LKMM-TD. Materi yang disajikan oleh panitia merupakan materi yang memang ditujukan untuk membentuk jiwa kepemimpinan peserta agar profesional yang dapat dilihat pula tema acara tersebut yakni “Mengembangkan Generasi Berintegritas yang Paham akan Hakikat Mahasiswa sebagai Agen Perubahan Melalui Latihan Kepemimpinan dan Manageman Mahasiswa Tingakat Dasar”.

Acara LKMM-TD ini diikuti oleh perwakilan masing-masing pengurus organisasi mahasiswa di FIS yakni 5 pesarta dari Dewan Mahasiswa Fakultas, 5 peserta dari masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan, 5 peserta dari Mahasiswa Himpunan Prodi, 1 peserta dari masing-masing Bidang Kegiatan Terpadu dan semua pengurus BEM FIS yang baru,yang jika ditotal jumlah pesertanya terdapat 64 mahasiswa.

Kemasan acara LKMM-TD yang diselenggarakan oleh BEM FIS kali ini begitu menarik dan menantang, karena terdapat penugasan pra dan pasca acara bagi peserta LKMM-TD. Penugasan Pra berupa pembuatan video dari masing-masing peserta yang isinya menjelaskan program kerja dari masing-masing ormawa yang kemudian di unggah di akun social media mereka yakni instagram selain peserta juga diberi tugas untuk mencari pemimpin yang mereka idolakan. Sedangkan untuk tugas pascanya yakni meriview materi yang diperoleh oleh mereka. Tak hanya itu peserta LKMM-TD juga diberi tugas untuk melakukan analisis SWOT masing-masing organisasi secara berkelompok. Acara tersebut sukses diselenggarakan jika dilihat dari antusias masing-masing peserta LKMM-TD.

 

 

Arum Wahyuningtiyas

Divisi Penerbiatan

BEM FIS UM 2018

pembukaan oleh WD III FIS UM

pembukaan oleh WD III FIS UM

Penyampaian materi Kepemimpinan

Penyampaian materi Kepemimpinan

pembacaan tugas pra-LKMMTD

pembacaan tugas pra-LKMMTD

Penyampaian materi public speaking

Penyampaian materi public speaking

Materi Time Manajemen

Materi Time Manajemen

IMG_9414

Praktek Analisis SWOT bersama Pemateri

Praktek Analisis SWOT bersama Pemateri

praktik Analisis SWOT langsung dengan pemateri

praktik Analisis SWOT langsung dengan pemateri

IMG_0374 IMG_9306