FIS BERSATU PEDULI BENCANA : karena kita adalah saudara

FIS Peduli Bencana merupakan salah satu bentuk kepedulian dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang kepada para korban dari letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara. FIS Peduli Bencana yang merupakan aksi penggalangan dana, yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial, Divisi Sosial Masyarakat. Aksi ini dilakukan untuk membantu korban bencana gunung meletus di Sinabung. Aksi tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon baik oleh seluruh warga FIS. Kegiatan penggalangan dana tersebut, menargetkan seluruh warga FIS yang dilakukan pada 22 Februari 2018. BEM FIS menargetkan seluruh civitas akademika Fakultas Ilmu Social untuk berpartisipasi dan menyumbangkan sedikit nominal kepada korban di Sinabung. Aksi penggalangan dana diadakan di lobby FIS Universitas Negeri Malang, dengan menampilkan talenta-talenta mahasiswa FIS untuk mengisi aksi tersebut. Ketua pelaksana dalam aksi penggalangan dana, mengatakan bahwa akan ada aksi yang selanjutnya yakni di luar Fakultas Ilmu Sosial.

BEM FIS tergerak untuk melakukan penggalangan dana karena hatinya sebagai manusia merasa terpanggil untuk membantu saudaranya, terutama mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial melihat kondisi para korban bencana alam Sinabung. Dana yang diperoleh ini akan disalurkan kepada yang membutuhkan melalui pihak perantara dan instansi pemerintah yang rencananya akan di salurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “nanti saat penggalangan dana, rencananya uang yang diperoleh akan disumbangkan tidak hanya berupa uang melainkan juga bisa dalam bentuk lainnya seperti pakaian, dan sebagainya.” Ungkap Abdul Rozaq, selaku ketua pelaksana kegiatan ini.

“Dengan mengajak seluruh mahasiswa baik dari FIS maupun UM untuk ikut membantu korban Sinabung, diharapkan dana yang terkumpul dapat lebih banyak dalam penggalangan dana ini. Untuk hari ini saja kami sudah mendapatkan dana sebesar Rp 2.776.400,-“ tutur Rojak.

Dahsyatnya letusan Gunung Sinabung mengubah pagi hari yang cerah menjadi gelap gulita di Kabupaten Karo, Medan, Sumatera Utara. Letusan Gunung Sinabung kali ini membuat semburan abu vulkanik tingginya hingga mencapai 5 km, serta luncuran awan piroklastik hingga berjarak 4.900 meter menuju Selatan. “Semoga saudara-saudara kita disana, diberi ketabahan dan bencana ini akan segera berakhir. Yang paling utama, kita tidak boleh berhenti mengulurkan bantuan kepada saudara kita yang membutuhkan pertolongan.” Ungkap ketua aksi penggalangan dana.

Kamilatun

Divisi Penerbitan

BEM FIS UM 2018

dokumentasi aksi FIS Peduli Bencana Sinabung 22 Februari 2018

dokumentasi aksi FIS Peduli Bencana Sinabung 22 Februari 2018

dokumentasi aksi FIS Peduli Bencana Sinabung dalam bentuk tandatangan

dokumentasi aksi FIS Peduli Bencana Sinabung dalam bentuk tandatangan