SODA Crew, Terus Bersinar Untuk FIS Tercinta

 

Mahasiswa FIS UM siapasih yang nggak tau SDC or SODA Crew or Social Dance Crew ???

Social Dance Crew atau yang kerap disapa SODA Crew adalah salah satu dari Bidang Kegiatan Terpadu (BKT) Badan Eksekutif Mahiswa (BEM) FIS UM yang mewadahi bakat mahasiswa FIS UM dalam bidang seni tari. Sedikit napak tilas mengenai sejarah SODA Crew, dipelopori oleh salah satu pengurus BEM FIS UM 2013 (Wilma) dan beranggotakan 4 orang, namun tidak bertahan lama, disebabkan adanya anggota yang keluar. Setelah mengalami masa-masa terpuruk tersebut, SODA Crew mencoba bangkit yakni dengan semangat baru dan harapan yan lebih baik. Dimana pada tahun 2015 SODA Crew melakukan Open Recruitmen guna mencari anggota baru. Dalam oprecnya, SODA Crew hanya mengutamakan mahasiswa yang memiliki niat belajar dan komitmen tanpa mengesampingkan skill dance yang dimiliki.

SODA Crew tidak hanya eksis di FIS, namun SODA Crew juga tak kalah dengan Tim dance lain. Eksistensi SODA Crew dapat dibuktikan dengan selalu turut serta dalam setiap event yang ada di Fakultas Ilmu Sosial, bukti lainnya yakni dengan prestasi-prestasi yang telah dicapai salah satunya SODA Crew tampil sebagai juara bertahan dalam AnFak. “Alhamdulillah, kita selalu menjadi juara bertahan di AnFak walaupun hanya juara 3” ujar Heni Vatma Karina, kepada Zefir magz (21/02/2017). Karin menambahkan SODA Crew juga pernah mengisi acara Porseni di Kota Batu. Selain itu SODA Crew kerap diundang oleh fakultas lain yang ada di Universitas Negeri Malang.

Untuk menjalin keakraban antar anggotanya, SODA Crew mengadakan pertemuan rutin setiap minggunya yakni pada hari Senin. Namun jika akan ada event, SODA Crew melakukan latihan setiap sore di depan Gedung I1 FIS UM. SODA Crew sendiri sudah mempunyai dua pelatih tetap yang biasa disapa Mas Wingki dan Bunda Ani. Dua orang tersebut memiliki kontribusi yang besar terhadap kesuksesan pada setiap penampilan SODA Crew. Selain melatih, mereka berdua juga yang menyediakan kostum untuk SODA Crew. Sementara itu SODA Crew sendiri tidak hanya bergerak dalam bidang dance modern, tapi juga tradisonal ataupun kontemporer.

Leader SODA Crew, Inges Remandalika mengungkapkan harapannya untuk Soda Crew agar terus berkarya dan berprestasi di dalam maupun diluar kampus serta menjadi panutan tim dance lainnya. Eksistensi SODA Crew  selama 2 tahun ini merupakan hasil kerja keras para membernya sendiri, yang terus belatih sehingga SODA Crew bisa seeksis sekarang dan dikagumi oleh kaum lelaki. Inges berpesan kepada member SODA Crew  yang baru agar terus komitmen dan mempunyai semangat yang giat agar kedepannya SODA Crew lebih baik dan lebih maju lagi. Hal itupun sejalan dengan logo dari BKT SODA Crew dimana terdapat gambar berlian yang memiliki filosofi sebagai pengharapan untuk karir SODA Crew yang semakin bersinar dengan prestasi untuk membanggakan Fakultas tercinta, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Nina Erza