PO (Persatuan Olahraga) FIS, Pejuang dari Fakultas Ilmu Sosial – 2017

Fakultas Ilmu Sosial adalah Fakultas termuda di Universitas Negeri Malang, yang lahir di tahun 2009. Walau usianya bisa dibilang masih seumur jagung, namun Fakultas Ilmu Sosial (FIS) mampu bersaing dengan fakultas lainnya. Terbukti dengan banyaknya prestasi yang diraihnya, baik di bidang akademik maupun non akademik. Salah satu prestasi yang membanggakan yang dimiliki FIS adalah mampu berdiri sejajar dengan fakultas lainnya, terlihat adanya Ormawa FIS dan juga Bidang Kegiatan Terpadu (BKT) yang aktif di berbagai kegiatan ataupun event. Salah satu BKT yang paling muda namun namanya disegani oleh banyak pihak adalah PO FIS.

PO FIS yang merupakan Persatuan Olahraga Fakultas Ilmu Sosial adalah wadah bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial yang memiliki bakat dan minat di bidang keolahragaan. PO FIS berdiri sekitar satu tahun yang lalu dan menaungi cabang olahraga Sepak bola, Voli, Basket dan Silat. Adapun struktur birokrasinya diambil dari keempat cabang olahraga tersebut.  Ketua PO FIS adalah Moh. Agus Setiawan, Mahasiswa jurusan Sejarah 2014. Bagi sang ketua, PO FIS adalah Organisasi sekaligus Hobi.

Dalam mewujudkan visinya yakni TOPAK (Tangguh, Oenggul, Profesional, Aktif dan Kompak), PO FIS melakukan latihan rutinan untuk meningkatkan kemampuan dari tiap atlit-atlitnya. Latihan rutin itu dilaksanakan tiap minggunya. Untuk jadwalnya pun juga disusun secara rapi oleh pengurus inti agar masing masing cabang olahraga waktunya tidak bertabrakan, untuk Voli dilaksanakan di hari selasa dan minggu (Selasa, 15.30 WIB-selesai dan Minggu, 18.00 WIB-selesai), Sepak Bola jadwal latihan rutinnya di hari Sabtu jam 14.00 WIB-selesai, Basket dilakukan di hari Senin jam 15.30 WIB-selesai.

PO FIS memiliki atlit-atlit yang sangat berbakat di bidangnya terbukti pada ke empat cabang olahraga yang mampu mendapat juara di perlombaan-perlombaan yang bergengsi, seperti contohnya dari cabor Sepak Bola yang mampu membawa piala juara ke 3 Rektor Cup 2016 untuk FIS, hal ini merupakan prestasi yang membanggakan, karena pada saat itu PO FIS baru dibentuk, namun PO FIS mampu bersaing dan mengalahkan musuh-musuhnya dari fakultas lainnya. Tak hanya itu, di tournament yang sama Cabor Basket juga memberikan sumbangan piala juara ke 3 untuk FIS. Di cabang olahraga silat menjadi pelengkap kebahagian bagi FIS karena pada mendapat juara  Pertama di bidang silat, yang diwakili oleh Rizky Ardya Harditama, Mahasiswa Jurusan Geografi 2014.

“PO FIS juga seperti BKT dan juga Ormawa lainnya yang memiliki cerita tersendiri, banyak suka dukanya, namun nikmatnya punya banyak teman sekaligus keluarga dan juga bisa menjalankan hobi serta menambah pengalaman. Pesannya semoga PO FIS semakin baik daripada yang sekarang” tutup Agus.

3 2 1

Arum Wahyuningtyas