BKT SPSS (Serikat Penalaran Sastra dan Sosial) – 2017

bkt spss

Apa SPSS itu? SPSS merupakan kepanjangan dari Serikat Penalaran Sastra dan Sosial, yang didirikan pada tanggal 31 september 2014. SPSS adalah bidang kegiatan terpadu yang bergerak dibidang kepenulisan dan bertujuan untuk mewadahi bakat minat kepenulisan khususnya untuk mahasiswa fakultas ilmu sosial (FIS), meliputi aspek sastra, ilmiah dan jurnalistik. Pada mulanya SPSS didirikan sebagai rancangan program kerja bidang penalaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Iilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) 2014 dalam mewujudkan fokus-fokus karya seperti PKM, Essai, dan karya tulis lainnya.

Keanggotaannya terdiri dari Pengurus Harian (PH) dan Divisi Peminatan (sastra, ilmiah, dan jurnalis). Tiap-tiap divisi mempunyai tugas masing-masing untuk koordinasi dengan PH, serta membuat kurikulum kelas untuk satu periode kedepannya. Bentuk kegiatan SPSS yang telah dilaksanakan selama ini yaitu diklat di awal kepengurusan, pendidikan dasar kepenulisan, penyelenggaraan kelas menulis, menyelenggarakan mentoring PKM dan mengikuti lomba Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa Baru (PORSENIMABA) bidang sastra.

Pradika Cahya Triputra (Ketua SPSS) mengatakan “di SPSS kita tidak hanya belajar menulis saja, namun juga terdapat reading gruop dan juga apresiasi karya mahasiswa. Dimana karya yang telah kita hasilkan ditampilkan pada acara momentum tertentu,” Kelas menulis yang ditawarkan kepada mahasiswa ada empat, yaitu jurnalistik, opini dan essai, puisi dan musikalisasi, cerpen dan novel, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI).
“Dengan adanya SPSS ini, mahasiswa dapat menyalurkan bakat minat dalam kepenulisan dengan mengikuti kelas menulis yang sudah ditawarkan dan mengikuti kegiatan yang telah dibentuk oleh SPSS. Sehingga, mahasiswa dapat mengembangkan bakat minat kepenulisan yang telah dimiliki” tutupnya.

Tri Ajeng