LOMBA MTQ MAHASISWA FIS 2017

17333340_1739792659639916_8480693232697606144_n(1)

Program Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang 2017 yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang (MTQM FIS UM) 2017 yang dilaksanakan pada 8 April 2017 bertempat di Aula Lantai 7 FIS UM diikuti oleh 215 peserta dari berbagai jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial telah terlaksana dengan baik tanpa halangan tertentu. Kegiatan MTQM FIS UM 2017 dihadiri oleh Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, Dr. I Nyoman Ruja S.U selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dan para Kajur FIS UM.

Kegiatan ini terdiri dari 8 cabang musabaqah, diantaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) diikuti 13 peserta, Musabaqah Tartilil Qur’an (MTrQ) diikuti oleh 47 peserta, Musabaqah Fahmul Qur’an (MFQ) diikuti oleh 7 tim, Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) diikuti oleh 14 peserta, Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ) diikuti oleh 32 peserta, Musabaqah Debat Kandungan Al-qur’an Dalam Bahasa Inggris (MDBI) diikuti oleh 7 tim, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) diikuti oleh 8 tim, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an (MKTIA) diikuti oleh 23 tim.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an (tilawah) yang dibacakan oleh juara MTQ FIS tahun 2016. Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars UM, dan Mars MTQ. Masuk pada acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Liza Atin Nur Ainiyah selaku ketua MTQM FIS UM 2017, sambutan yang kedua oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, yang terakhir adalah sambutan dari Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang. Musabaqah ini dimulai pukul 09.30-17.00 WIB.

Juara terbaik MTQ putra diraih oleh Burhanudin Nurdiansyah dari Jurusan Sosiologi,  Juara terbaik MTQ putri diraih oleh Azizatur Rokhmah dari Jurusan Sejarah. Untuk MTrQ kategori putra Juara 1 diraih oleh Ahmad Hanif Priyono dari Jurusan Geografi, Juara II diraih oleh Abdul Mutallip dari Jurusan Sosiologi, dan Juara III diraih oleh Muhammad Arif Taufiq dari Jurusan HKn. Sedangkan untuk kategori MTrQ putri Juara I diraih oleh Laily Qomariah dari Prodi PIPS, Juara II diraih oleh Ning Ayunda Chofifi dari Jurusan HKn, dan Juara III diraih oleh Azizatur Rokhmah dari Jurusan Sejarah. Cabang musabaqah selanjutnya yaitu MHQ Juara terbaik kategori 1 juz diraih oleh M. Luthfi Firdaus dari jurusan Sejarah dan kategori 2 juz diraih oleh Carra Al Kindi dari jurusan Geografi. Selanjutnya yakni cabang MFQ juara terbaik diraih oleh tim Mochammad Syaifulloh dari jurusan Geografi.

Cabang MKQ  kategori putra, Juara I diraih oleh Yogik Ariaman dari jurusan HKn, Juara II diraih oleh Qomaruzzaman dari jurusan Sosiologi dan Juara III diraih oleh M. Hidayah Hadi P. dari jurusan HKn dan MKQ kategori putri Juara I diraih oleh Hidayatul Afidah dari jurusan HKn, Juara II diraih oleh Mufida Royanti dari jurusan HKn juga dan Juara III diraih oleh Nihayatul Hidayah dari jurusan Sosiologi. Untuk cabang MKTIA juara I diraih oleh tim Tamziyz Hidayatullah dari jurusan Sosiologi, Juara II diraih oleh tim Siti Nafi’atul Mukhayaroh dari jurusan HKn dan Juara III diraih oleh tim Syahroni Al-Khadzir dari jurusan Geografi. Pengumuman untuk cabang lomba MTQ yang terakhir yakni MSQ Juara Terbaik diraih oleh tim Siti Khanifah dari jurusan HKn. Dalam kegiatan MTQM FIS UM 2017 ini juga diambil juara umum. Juara umum MTQM FIS tahun ini diraih oleh Jurusan HKn. Kegiatan MTQ FIS UM Tahun 2017 ini diakhiri pada pukul 17.00 WIB, acara penutupan dilaksanakan di Aula lantai 7 FIS UM dengan pembacaan juara dan doa kepada Allah SWT atas kelancaran terselenggaranya kegiatan musabaqah ini.

 

-Ketua Pelaksana Lomba MTQ Mahasiswa FIS 2017