Category Archives: Prestasi

Logo Baru BEM FIS : Semangat Baru Dalam Berkarya

KABINET KARYA

BEM FIS UM 2017 mengusung konsep Kabinet Karya. Terdapat dua alasan dalam pemilihan nama kabinet karya, yaitu alasan secara historis dan alasan arti kata. Alasan historis, pemilihan nama kabinet karya terinspirasi dari nama kabinet pada masa perdana menteri Ir. Juanda. Dulu pada era demokrasi terpimpin Ir. Soekarno, kabinet jatuh silih berganti karena kepentingan dua kelompok besar yang ada saat itu. Kemudian di akhir masa demokrasi terpimpin dibentuklah kabinet yang dipimpin langsung Ir. Juanda, kabinet ini dibentuk dengan harapan berisikan penuh orang-orang profesional tanpa kepentingan atau keterikatan partai politik, hal ini dikarenakan Perdana Menterinya bukan merupakan orang partai. Dari segi historis ini, harapannya BEM FIS juga dapat berisikan orang-orang profesional yang mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan golongan tertentu. Sementara menurut dari segi kata, arti kata “Karya” menurut KBBI adalah pekerjaan; hasil perbuatan; buatan; ciptaan. Harapannya dengan mengusung kata “Karya”, BEM FIS tahun ini dapat menciptakan hasil pekerjaan-pekerjaan yang baru dan inovatif untuk Fakultas Ilmu Sosial.

LOGO BEM FIS UM

cropped-IMG-20170206-WA0011.jpg

BEM FIS UM resmi meluncurkan logo baru pada tahun 2017, hal ini sebagai bentuk inovasi baru yaitu pembaharuan logo yang sudah sempat dibuat pada tahun 2014. Logo ini dibuat agar nampak lebih modern dan memperlihatkan bahwa BEM FIS akan terus berkembang menyesuaikan dengan zaman. Logo ini tidak menghilangkan unsur-unsur penting yang sudah disepakati yaitu Lebah dan Bintang Merah.

Jika diperhatikan dengan seksama, di dalam logo baru BEM FIS tersebut merupakan gabungan dari tiga hal, yaitu perisai berwarna ungu, dua lebah yang menghadap ke kiri dan ke kanan, serta bintang merah.

  • Perisai atau tameng dikenal sebagai bagian senjata yang melambangkan perjuangan, pertahanan dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan.
  • Ungu ialah warna khas dari Fakultas Ilmu Sosial.
  • Lebah berarti terus belajar (menghisap sari bunga), Gotong-Royong (dalam membuat sarang), dan Berkarya (menghasilkan madu).
  • Lalu dua lebah melambangkan dialektika yang menerut Hegel berarti cara memecahkan masalah melalu dua elemen, yaitu Tesis (pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen) dan Anti Tesis (pernyataan yang bertentangan), yang nantinya dapat menemukan Sintesis (kesimpulan).
  • Bintang, berarti sama dengan penjelasan di atas yaitu keberanian dalam mencapai tujuan Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia.
  • Tulisan BEM FIS UM menggunakan bentuk font Sans-serif yang memliki kesan modern

Jika digabungkan, logo baru BEM FIS ini memiliki arti “BEM FIS adalah keluarga yang selalu belajar, berkarya, dan dalam memecahkan permasalahan selalu dilakukan secara dialektis dan gotong royong.”